Minggu, 13 Oktober 2013

e-commerce

PENDAHULUAN
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).

TEORI

E-business
e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai middle komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologiinternet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. 

E- commerce
E-commerce adalah penggunaan media transmisi (telekomunikasi) untuk diikutsertakan dalam pertukaran, termasuk penjualan dan pembelian, dari produk  dan jasa yang membutuhkan transportasi, untuk fisik dan digital, dari lokasi ke lokasi berdasarkan pendapat Greenstein dan Vasarhelyi (2004, p2).

Menurut Chaffey (2007, p8) e-commerce  adalah pertukaran jual beli barang menggunakan teknologi internet. Namun e-commerce melibatkan lebih dari mediasi elektonik semata tetapi transaksi antara perusahaan dengan konsumen.

Menurut Bryan A. Garner dikutif  oleh  Abdul Halim Barakatullah dkk, (2005 : 12), menyatakan sebagai berikut :
“E-Commerce the practice of buying and selling goods and services trough online consumer services on the Internet. The e, ashortened from electronic, has become a popular prefix for other terms associated with electronic transaction”. Dapat dikatakan bahwa pengertian e-commerce yang dimaksud dimaksud adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan jasa komputer online di Internet

ANALISIS
Analisi pada perbedaan antar e-business dan e-commerce terletak pada hal bahwa e-commerce merupakan suatu kegiatan yang lebih terspesifik dari kegiatan e-business. Dimana kesamaannya adalah menggunakan media elektronik sebagai media yang membantu kegiatan bisnis.


REFERENSI
Sumber :  id.wikipedia.org/wiki/E-business
               sukmautama.blogspot.com/2013/01/pengertian-e-commerce.html
               globalonlinebook1.blogspot.com/2013/06/pengertian-e-commerce-menurut-ahli.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar